Skip links

Press Release Akademi Guru Al-Qur'an

Yayasan Zahrawain Indonesia dengan bangga mengumumkan suksesnya penyelenggaraan Akademi Guru Al-Quran yang berlangsung selama 15x pertemuan mulai dari Juni hingga Agustus. Acara ini diadakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan diikuti oleh 82 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menghadirkan tema penting dalam pengajaran Al-Quran, Akademi Guru Al-Quran bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas pengajaran Al-Quran di kalangan pendidik dan pengajar di seluruh negeri. Yayasan Zahrawain Indonesia telah berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas yang mendalam dan berkelanjutan, serta memberikan kontribusi positif bagi penyebaran nilai-nilai Al-Quran.

Selama 15x pertemuan, para peserta pelatihan mengikuti sesi-sesi pembelajaran dengan berbagai macam materi yang dipandu ahli dan praktisi masing-masing materi. Adapun materi-materi yang diberikan antara lain :

  1.  Metode Pengajaran Al-Qur’an (dipandu oleh Ustadz Rudy Hartanto, S.Pd.I Al-Hafidz)
  2.  Cara Menyusun Silabus Tahfidz (dipandu oleh Ustadz Rudy Hartanto, S.Pd.I Al-Hafidz)
  3.  Manajemen Lembaga Al-Qur’an  (dipandu oleh Ustadz Islam Siarna, S.E., M.E.Sy)
  4.  Teknik Pengkondisian Kelas (dipandu oleh Ustadz Rudy Hartanto, S.Pd.I Al-Hafidz)
  5.  Cara Asyik Belajar dengan Game Qur’ani (dipandu oleh Ustadz Rudy Hartanto, S.Pd.I Al-Hafidz)
  6.  Teknik Berkisah dan Dongeng (dipandu oleh Ustadz M.Nasyir, S.Pd., M.Si.)
  7.  Tahsin dan Tajwid Praktis (dipandu oleh Ustadz Rudy Hartanto, S.Pd.I Al-Hafidz)
  8.  Teknik Public Speaking (dipandu oleh Ustadz Islam Siarna, S.E., M.E.Sy)

Acara ini juga sebagai langkah nyata dalam mewujudkan visi Yayasan Zahrawain Indonesia yaitu Menebar Cahaya Al-Qur’an di Masyarakat Indonesia. Dengan berfokus pada profesionalisme dan kualitas para pengajar dan pendidik Al-Qur’an, Yayasan Zahrawain Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan potensi pendidik Al-Quran di seluruh penjuru negeri.

Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan saat pengajaran Al-Qur’an untuk menciptakan Generasi Qur’an yang Rabbani